Wednesday, December 14, 2016

Fitur Planetbiru

Setiap media sosial pasti memiliki ciri khas tersendiri. Akan tetapi, hampir semua media sosial mempunyai beberapa kesamaan. Kesamaan tersebut tentu saja didasari atas keniscayaan atau kepatutan. Sebagai contoh: setiap mobil mempunyai setir. Setir mobil selalu berbentuk lingkaran. Mengapa tidak ada yang membuat setir berbentuk persegi atau segitiga? Tentu saja kita sudah mengetahui jawabannya. Demikian pula media sosial. Meskipun berbeda-beda, namun tetap memiliki banyak kesamaan. Sebuah media sosial dikatakan jiplakan ketika tidak bisa memberikan sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya.

Baiklah. Kita kembali ke fitur media sosial Planetbiru.

Fitur media sosial Planetbiru adalah sebagai berikut:

1. Postingan

Postingan adalah sebuah keniscayaan dalam sebuah media sosial. Postingan ini merupakan konten baru yang dibuat oleh seorang pengguna untuk kemudian dipublikasikan sehingga dapat dilihat oleh orang lain. Postingan pada Planetbiru juga dapat dikomentari baik oleh si pembuat maupun oleh orang lain. Konten dari sebuah postingan dapat berupa: teks, emoji, gambar, lokasi, video dari YouTube, video video Facebook, gambar dari Instagram, gambar dari Twitter, ayat Al Quran, link, dan emoji. Teks tersedia dalam hampir semua bahasa kecuali bahasa Myanmar atau Burmese. Selain Burmese, Planetbiru mendukung hampir semua bahasa termasuk bahasa dengan arah kiri ke kanan dan kanan ke kiri. Bahasa yang memiliki arah dari kanan ke kiri antara lain adaalah sebagai berikut:
  1. Arabic script (Arab 160, Aran 161) – used for ArabicPersianUrdu and many other languages.
  2. Hebrew alphabet (Hebr 125) – used for HebrewYiddish and some other Jewish languages.
  3. Syriac alphabet (Syrc 135, variants 136–138 Syrn Syrj Syre) – used for varieties of the Syriac language.
  4. Samaritan alphabet (Samr 123) – closely related to Hebrew, used for the Samaritans' writings.
  5. Mandaic alphabet (Mand 140) – closely related to Syriac, used for the Mandaic language.
  6. Thaana (Thaa 170) – used for Dhivehi.
  7. Mende Kikakui (Mend 438) – for Mende in Sierrra Leone. Devised by Mohammed Turay and Kisimi Kamara in the late 19th century. Still used but only by about 500 people.
  8. N'Ko script (Nkoo 165) – devised for the Manding languages of West Africa.
  9. Adlam (Adlm 166) – devised in the 1980s for writing the Fula languages of West and Central Africa.
Kesembilan bahasa di atas sudah didukung semuanya oleh Planetbiru.

Jika sebuah baris hanya berisi bahasa salah satu dari 9 bahasa di atas tanpa ada bahasa lain, maka baris tersebut akan rata kanan dan memiliki arah dari kanan ke kiri. Sementara jika teks yang berisi salah satu dari 9 bahasa di atas namun tercampur dengan bahasa lain yang memiliki arah daari kiri ke kanan, maka teks tersebut akan tetap memiliki arah dari kiri ke kanan sesuai dengan standard komputer bahasa Inggris.

Apabila teks yang dimasukkan lebih dari satu baris, salah satu dari baris tersebut berisi salah satu dari 9 bahasa di atas, maka baris dengan yang berisi salah satu dari bahasa di atas saja yang ditampilkan dari kanan ke kiri sedangkan baris yang berisi bahasa lain tetap ditampilkan dari kiri ke kanan.

2. Balasan Postingan

Balasan postingan merupakan balasan terhadap sebuah postingan. Konten dari sebuah balasan postingan sama dengan konten postingan.

3. Tanggapan Postingan

Tanggapan postingan merupakan tanggapan terhadap sebuah postingan. Tanggapan tersebut berupa "Suka" dan "Tidak Suka"

4. Multi Bahasa

Planetbiru merupakan media sosial multi bahasa. Multi bahasa yang dimaksud di sini adalah Planetbiru dapat memiliki bahasa apapun. Saat ini Planetbiru tersedia dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Planetbiru dapat dikembangkan ke dalam bahasa lain hanya dengan menambah paket bahasa.

5. Pemberitahuan

Pemberitahuan pada Planetbiru dikirim kepada masing-masing pengguna ketika ada postingan dari pengguna lain ke halaman profilnya, balasan dari sebuah postingan yang terkait, tanggapan dari sebuah postingan atau balasan postingan, atau pemberitahuan dari sistem. Pemberitahuan ini berupa pull notification, artinya, pemberitahuan ini hanya muncul jika pengguna membuka situs Planetbiru.

6. Kustomisasi Latar 

Setiap pengguna dapat mengatur sendiri latar dari halaman profilnya. Latar tersebut dapat diatur dengan cara mengubah warna latar atau menambahkan gambar latar. Gambar latar dapat diambil dari gambar yang pernah diunggah sebelumnya dan juga dapat diambil dari situs lain yang bersifat terbuka. Format gambar latar bisa berupa:
1. PNG
2. JPEG
3. GIF
4. GIF Animasi
5. ICO

7. Avatar atau Gambar Profil

Avatar atau gambar profil merupakan gambar yang mewakili pengguna. Gambar ini sangat penting untuk identitas pengguna. Pengguna dapat mengunggah foto sendiri untuk dijadikan sebagai gambar profil. Apabila pengguna belum mengunggah gambar profil, maka Planetbiru akan menampilkan gambar standard sesuai dengan jenis kelamin pengguna.

8. Lampiran

Setiap pengguna mengunggah foto di postingan, baik di profil sendiri maupun profil orang lain, Planetbiru akan membuat sebuah lampiran yang adak dimasukkan ke dalam postingan tersebut. Apabila gambar tersebut dihapus, maka hubungan antara postingan dengan gambar tersebut akan hilang. Meskipun demikian, postingan tersebut tetap akan terjaga sampai pengguna yang bersangkutan menghapus postingan tersebut.

9. Lokasi

Pengguna dapat mengirimkan lokasinya ke postingan atau balasan postingan. Lokasi ini akan ditampilkan sebagai sebuah peta. Apabila lokasi ini diklik, Planetbiru akan membuka aplikasi peta. Pada web, Planetbiru akan memerintahkan browser membuka tab baru untuk menampilkan lokasi tersebut di peta interaktif. Pada smartphone dan tablet, Planetbiru akan meminta sistem operasi untuk membuka aplikasi peta. Apabila pada perangkat tersebut terpasang beberapa aplikasi peta, maka sistem operasi akan meminta pengguna memilih salah satu aplikasi untuk membuka lokasi tersebut pada peta interaktif.

10. Emoji

Fitur emoji saat ini menggunakan fitur dari browser. Dengan demikian, tidak semua perangkat mendukung emoji.

Bagi pengguna desktop dengan sistem operasi Windows, sangat disarankan menggunakan browser Mozilla Firefox. Tidak disarankan menggunakan browser Opera, Google Chrome atau Microsoft Internet Explorer. Opera, Google Chrome dan Microsoft Internet Explorer akan menampilkan emoji berupa karakter berbasis teks dengan warna hitam atau menyesuaikan warna teks pada halaman web. Bagi pengguna smartphone dan tablet Android, emoji tampil dengan baik di browser Mozilla Firefox dan Google Chrome.

Untuk Google Chrome desktop, pengguna dapat memperbarui emoji dengan menambahkan ekstensi emoji pada browser. Untuk menambahkan ekstensi emoji dapat mengunjungi website dengan alamat http://chrome.google.com/webstore/detail/chromoji-emojis-for-googl/negakbijaemdgbhklopmghphgaeadmpo/related?hl=en

Meskipun Google Chrome dapat menampilkan emoji dengan menggunakan ekstensi, namun tampilan emoji tidak sebaik Mozilla Firefox. Apabila pengguna melakukan selection atau memilih emoji untuk keperluan penjalinan, Google Chrome akan memperlihatkan tampilan emoji asli yaitu teks dengan warna hitam. Hal yang sama juga terjadi pada saat pengguna memasukkan emoji pada kontrol input dan textarea.

Meskipun emoji tampil dengan baik di beberapa browser, tidak ada jaminan bahwa semua emoji yang digunakan didukung oleh browser tersebut. Beberapa emoji ditampilkan dengan monochrome dan beberapa emoji bahkan tidak tampil sama sekali.

Untuk membuat emoji dengan ukuran yang besar, masukkan satu emoji dalam satu baris. Jika satu baris berisi karakter lain atau beberapa emoji, maka emoji tersebut akan ditampilkan dengan ukuran yang sama dengan ukuran teks.

Dengan menggunakan emoji, pengguna Planetbiru akan lebih mudah mengekspresikan isi hati dan pikirannya ke media sosial Planetbiru.

11. Geotagging

Geotagging merupakan salah satu fitur JPEG. Apabila pengguna mengunggah sebuah foto yang berisi informasi lokasi, Planetbiru akan menampilkan lokasi tersebut. Lokasi tersebut merupakan lokasi kamera saat melakukan pengambilan gambar. Informasi tersebut hanya berupa latitude atau lintang, longitude atau bujur, dan altitude atau ketinggian. Arah kamera menghadap tidak tersedia dalam geotagging. Selain informasi lokasi pengambilan gambar, Planetbiru juga menampilkan informasi waktu pengambilan gambar serta pembuat kamera dan model kamera yang digunakan. Informasi lain tentang gambar juga tersedia namun tergantung dari masing-masing kamera.

12. Panorama 360

Panorama 360 adalah fitur Planetbiru yang tersedia mulai tanggal 18 Desember 2016. Panorama 360 memungkinkan pengguna mengunggah foto dari kamera 360 sehingga foto tersebut dapat ditampilkan dengan berbagai sudut pandang yang berbeda-beda.

Contoh foto panorama adalah sebagai berikut:





Untuk mengubah sudut pandang foto 360, ada beberapa shortcut sebagai berikut:

Pada PC

  1. Memperbesar: gunakan tombol Shift atau putar scroll mouse ke depan
  2. Memperkecil: gunakan tombol Ctrl atau putar scroll mouse ke belakang
  3. Melihat ke atas: gunakan tombol panah atas atau drag gambar ke bawah
  4. Melihat ke bawah: gunakan tombol panah bawah atau drag gambar ke atas
  5. Melihat ke kiri: gunakan tombol panah kiri atau drag gambar ke kanan
  6. Melihat ke kanan: gunakan tombol panah kanan atau drag gambar ke kiri

Pada Smartphone dan Tablet tanpa Sensor Gyro

  1. Memperbesar: sentuh layar dengan dua jari lalu gerakkan jari saling menjauhi
  2. Memperkecil: sentuh layar dengan dua jari lalu gerakkan jari saling mendekati
  3. Mengubah sudut pandang: sentuh layar dengan satu jari lalu usap layar ke arah mana saja yang dikehendaki

Pada Smartphone dan Tablet dengan Sensor Gyro

  1. Memperbesar: sentuh layar dengan dua jari lalu gerakkan jari saling menjauhi
  2. Memperkecil: sentuh layar dengan dua jari lalu gerakkan jari saling mendekati
  3. Mengubah sudut pandang: aktifkan sensor gyro dengan menyentuh ikon kompas kecil di sebelah kiri lalu arahkan smartphone dan tablet ke aram mana saja yang dikehendaki
Untuk mengunggah foto panorama, caranya hampir sama dengan cara mengunggah foto biasa. Perbedaannya adalah ikon yang digunakan untuk mengunggahnya.


Untuk menguunggah foto panorama, pilih ikon Add 360 Image kemudian pilih foto 360 yang akan diunggah. Foto akan diunggah ke server Planetbiru tanpa kompresi. Jika pengguna ingin mengompres foto secara otomatis ketika diunggah, pengguna dapat mengubah pengaturan aplikasi.


Pengaturan di atas adalah sebagai berikut:
  1. Language: untuk pengaturan bahasa. Saat ini tersedia 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
  2. Show Compass: untuk menampilkan kompas saat menampilkan foto manorama. Dengan demikian, pengguna dapat melihat arah dari foto.
  3. Autoplay 360: untuk merender secara otomatis foto 360. [1]
  4. Autorotate 360: untuk merotasi secara otomatis foto 360. [1]
  5. Compress 360 Image: untuk mengompres foto 360 saat diunggah. Foto akan disimpan dengan resolusi dan kualitas yang rendah. Jika pengguna mengompres foto ini, maka pengguna lain juga akan mendapatkan foto dengan resolusi dan kualitas yang rendah. [2]
Keterangan
[1] sebaiknya tidak mengaktifkan fitur ini dengan jika perangkat yang dimiliki oleh pengguna mempunyai spesifikasi teknis yang rendah.
[2] agar foto 360 dapat ditampilkan di lebih banyak perangkat, fitur ini dapat digunakan namun tidak disarankan.

12. Aplikasi Bermanfaat Lainnya

Planetbiru menyediakan berbagai macam aplikasi yang sangat bermanfaat. Di antaranya adalah Trsisula 3D, aplikasi simulator posisi matahari, bumi dan bulan berbasis web, aplikasi Solar System, yaitu aplikasi untuk melihat planet-planet beserta satelitnya dalam tata surya secara 3 dimensi. Semua planet dan satelit dapat dilihat dari berbagai arah.



No comments:

Post a Comment