Thursday, December 29, 2016

Planet Edu - Suksesor Smart Room Planetbiru

Mulai tanggal 1 Januari 2017, Smart Room Planetbiru berganti nama menjadi Planet Edu. Planet Edu adalah singkatan dari Planet Education, sebuah fitur dari media sosial Planetbiru untuk menunjang pendidikan di Indonesia.
Smart Room yang hadir mulai tanggal 18 Desember tahun 2010 sekarang bertransformasi menjadi Planet Edu. Apa saja kelebihan dari Planet Edu?
  1. Sistem terintegrasi persekolah
  2. Pengelompokan siswa berdasarkan kelas
  3. Adanya administrator sekolah
  4. Adanya jenjang sekolah, tingkat, dan jenis sekolah
Selain kelebihan di atas, Planet Edu juga lebih stabil dibandingkan dengan Smart Room. Tampilan user interface Planet Edu juga lebih menarik.
Dengan transformasi ini diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih baik khususnya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.
Planet Edu mempermudah administrator sekolah untuk memasukkan data siswa, guru dan kelas. Jika pada Smart Room, masing-masing pengguna harus mendaftar sendiri, pada Planet Edu, sekolah dapat mendaftarkan akun baru Planetbiru bagi siswa dan guru. Bagi siswa yang telah memiliki akun Planetbiru sebelumnya, siswa tetap dapat masuk ke dalam Planet Edu dengan akun lamanya. Caranya dengan memasukkan alamat email sesuai dengan akun sebelumnya.
Siswa dan sekolah tidak perlu kawatir akun siswa dan guru diklaim oleh sekolah lain. Planet Edu tidak akan mengubah sekolah siswa yang telah terdaftar di Planet Edu. Siswa dan guru harus memilih secara manual sekolah yang akan diikuti apabila ada sekolah baru yang mendaftarkannya sebagai siswa dan guru di sekolah tersebut.
Sekolah, siswa dan guru tidak perlu khawatir jika siswa dan guru tidak memiliki alamat email. Siswa dan guru tetap dapat didaftarkan dengan menggunakan identitas alternatif berupa NISN dan NIS untuk siswa dan Nomor Induk dan NUPTK untuk guru. Jika keduanya tidak ada, Planet Edu masih memberikan kesempatan kepada siswa dan guru untuk bergabung di Planet Edu dengan nomor telepon sebagai alternatif.
Dengan diluncurkannya Planet Edu, maka Smart Room Planetbiru dinyatakan tidak dilanjutkan lagi.

No comments:

Post a Comment