Friday, January 27, 2017

Media Sosial Penunjang Belajar Siswa

Media sosial internet merupakan salah satu kebutuhan untuk masyarakat modern saat ini, termasuk remaja yang sangat mengikuti perkembangan zaman yang ada dan ini dapat mempengaruhi prestasi belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi dari dua faktor, yaitu faktor internal seperti aspek jamaniah dan aspek psikologis, serta faktor eksternal, seperti lingkungan sekitarnya.
Tidak selamanya media sosial memberikan pengaruh buruk kepada prestasi siswa. Jika media sosial tersebut dirancang khusus untuk menunjang pendidikan, sudah pasti akan meningkatkan prestasi belajar siswa apalagi ditunjang oleh guru yang secara aktif memberikan materi pelajaran menggunakan media tersebut.
Planetbiru merupakan salah satu media sosial asli Indonesia. Media sosial ini dirancang untuk memajukan dan pendidikan dan pariwisata di Indonesia. Salah satu aplikasi Planetbiru yang menunjang pendidikan adalah Planet Edu.
Planet Edu dilengkapi dengan berbagai fitur sebagai berikut:
  1. Materi Pelajaran Sekolah
  2. Quiz dan Ujian Online Sekolah
  3. Bank Soal dan Kunci Jawaban
  4. Video Tutorial
Semua fitur tersebut memerlukan peran serta guru dalam membuat materi.
Dengan adanya peran serta guru, maka materi dari media sosial dapat dikontrol sehingga akan menjauhkan pengaruh buruk media sosial terhadap siswa. Sebaliknya, siswa menjadi lebih giat dan semangat belajar sehingga akan meningkatkan prestasi belajarnya.

No comments:

Post a Comment