Friday, January 27, 2017

Planet Edu - Platform Ujian Berbasis Komputer (UBK)

Planet Edu merupakan sebuah program aplikasi pendidikan yang menunjang kegiatan bejalar mengajar serta ujian berbasis komputer di sekolah. Sekolah dapat memanfaatkan seluruh fitur yang disediakan oleh Planet Edu secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apapun.
Salah satu fitur Planet Edu adalah ujian online. Fitur ini memungkinkan sekolah melakukan ujian online tanpa harus menyediakan aplikasi sendiri dan tanpa harus mengeluarkan biaya penggunaan aplikasi.
Untuk memanfaatkan seluruh fitur Planet Edu, terlebih dahulu sekolah membuat sebuah akun. Seluruh siswa, guru dan administrator sekolah harus didaftarkan di Planet Edu sebagai pengguna. Selain itu, sekolah juga harus mendaftarkan nama-nama kelas yang ada di sekolahnya. Selanjutnya masing-masing pengguna dapat masuk ke Planet Edu dengan menggunakan akunnya masing-masing.
Cara untuk mendaftar seluruh kelas, siswa dan guru sangat mudah. Sekolah cukup membuat akun Planetbiru kemudian melengkapi file XLSX yang dapat diunduh di sini. Isian berupa nomor telepon dan email dapat diabaikan jika Nomor Induk Siswa Sasional atau Nomor Induk Siswa (untuk siswa) dan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) atau Nomor Induk Guru (untuk guru) diisi. Namun jika sekolah ingin mengintegrasikan akun Planet Edu dengan akun Planetbitu yang telah ada, maka alamat email diperlukan.
File XLSX yang telah dilengkapi kemudian diunggah ke Planet Edu dari halaman administrator menggunakan akun Planetbiru sekolah. Seluruh siswa, guru dan administrator akan terdaftar di Planet Edu secara otomatis. Administrator kemudian dapat mencetak informasi login siswa dan guru untuk kemudian diberikan kepada yang bersangkutan.
Setelah siswa, guru dan administrator masuk ke Planet Edu, selanjutnya siswa, guru dan administrator dapat masuk ke direktori masing-masing. Guru dapat membuat materi pelajaran dan ujian, siswa dapat membaca materi pelajaran dan mengikuti ujian, administrator dapat memonitor dan mengatur semua konten Planet Edu dari sekolahnya. 

No comments:

Post a Comment