Tuesday, February 7, 2017

Bank Soal

Bank soal adalah tempat penyimpanan soal dari Planet Edu. Soal-soal yang ada di dalam bank soal dapat dimasukkan ke dalam ujian manapun.
Sebelum mengambil soal-soal dari bank soal, pastikan bahwa jumlah pilihan sama antara ujian dengan bank soal. Pastikan bawa nilai untuk masing-masing soal sama. Jika ragu, silakan periksa kembali nilai pada masing-masing soal yang telah diambil dari bank soal. Periksa juga apakah kunci jawabannya benar.
Sangat diharapkan guru dan administrator sekolah membuat soal sendiri untuk memperkaya materi ujian karena kurikulum sekolah bergerak dinamis. Meskipun demikian, Planet Edu akan terus memperbarui dan menambah koleksi dalam bank soal untuk mempermudah guru dan administrator sekolah dalam membuat ujian.

Mengambil Soal dari Bank Soal

Untuk mengambil soal dari bank soal, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Masuk ke menu Ujian.
  2. Pilih submenu Bank Soal.
  3. Pilih jenjang yang sesuai dengan ujian yang akan dibuat.
  4. Pilih koleksi soal ujian dari daftar. Planet Edu akan memuat soal-soal dari server. Proses ini mungkin memakan waktu sedikit lama tergantung kecepatan internet yang digunakan.
  5. Setelah soal-soal selesai dimuat dan ditampilkan, pilihlah soal-soal yang akan diambil. Urutan soal pada ujian akan sama dengan urutan soal pada bank soal. Pengguna dapat mengurutkannya kembali setelah soal-soal tersebut disalin ke dalam ujian yang dibuat.
  6. Di bagian atas soal terdapat dua tombol yaitu Untuk Ujian Baru dan Untuk Ujian Yang Ada.
  7. Untuk Ujian Baru akan membuat ujian dari awal. Pengguna harus mengatur atribut ujian sebagaimana mestinya. Pastikan bahwa jumlah pilihan pada ujian sama dengan jumlah pilihan pada bank soal. Ujian harus mengikuti bank soal dan tidak boleh dibalik.
  8. Setelah semua atribut ujian diisi dengan lengkap, pilih tombol Simpan. Planet Edu akan membuat sebuah ujian baru dan langsung menimpor soal-soal yang dipilih dari bank soal. Soal-soal tersebut langsung ditampilkan dan dapat diubah sebagaimana biasanya.
  9. Untuk Ujian Yang Ada akan menampilkan daftar ujian yang telah dibuat beserja jumlah koleksi soal yang telah ada pada ujian tersebut. Klik pada salah satu ujian yang dikehendaki. Planet Edu akan mengimpor soal-soal yang dipilih dari bank soal dan dimasukkan ke dalam ujian tersebut. Planet Edu akan memperbarui tampilan dari daftar ujian tersebut untuk memperlihatkan jumlah koleksi soal baru yang sebenarnya. Pengguna dapat menampilkan soal pada ujian tersebut dan dapat mengubahnya sebagaimana biasa.
Soal-soal yang diambil dari bank soal dapat diekspor dalam format XML sebagaimana biasa. Tidak ada pengecualian dalam mengekspor soal.
Question Store
Import To Existing
Video berikut memperlihatkan bagaimana cara mengimpor soal ujian dari bank soal.

 

No comments:

Post a Comment