Wednesday, February 1, 2017

Format Ekspor dan Impor Soal Planet Edu

Format Ekspor

Soal ujian Planet Edu dapat diekspor dalam format XML. Format ini dipilih dengan alasan soal agar ujian dapat diubah dengan menggunakan editor file teks. Perubahan ini tentu saja untuk tujuan yang baik. Dengan demikian, guru dapat luluasa untuk menyalin soal dari satu ujian ke ujian yang lain tanpa harus mengetik ulang soal-soal tersebut. Seluruh gambar, rumus atau persamaan, tabel, dan lain-lain akan dimasukkan ke dalam file XML sehingga soal tersebut akan tetap utuh. Jika dalam satu paket soal terdapat satu gambar yang muncul di beberapa soal atau pilihan, data tersebut akan dimasukkan ke dalam setiap soal secara berulang pula. Dengan demikian aplikasi dapat mengambil beberapa soal saja dalam satu paket ujian tanpa kehilangan data apapun.

Format Impor

Planet Edu memiliki 2 format file untuk mengimpor soal yaitu XML dan teks.

Format XML

Format XML ini sama dengan format file hasil ekspor soal ujian Planet Edu. File XML ini sebenarnya dapat dihasilkan dari aplikasi lain asalkan memiliki struktur XML yang sama. Seluruh kode HTML pada soal dan pilihan harus dikodekan dengan HTML entity dan seluruh gambar dikodekan dengan Base64 encoding. Apabila format salah, maka proses impor akan gagal.

Format Teks

Format teks pada file impor soal Planet Edu hampir sama dengan fomat aiken pada Moodle. Perbedaannya adalah sebagai berikut:
Planet Edu Aiken
Tipe Pilihan lower-alpha, upper-alpha, lower-roman, upper-roman, decimal lower-alpha, upper-alpha
Pemisah period "." period ".", bracket ")"
Multi baris dipisahkan dengan \\ tidak bisa
Penanda Jawaban ANSWER: (harus hurup besar semua) {apapun}: (bebas yang penting ada colon ":")

No comments:

Post a Comment